Cara Bermain Catur

Jumat, 01 Juni 2012 Label:

Mungkin blog ini ga lengkap rasanya kalau ga ada tulisan tentang CATUR… karna sebafai pecinta catur ( Masih pecinta, belum Ahli… :) hehehe ) saya juga tergerak untuk terus mempromosikan olahraga asah otak ini agar banyak peminat nya..

Bagi yang sudah tau dengan catur setidaknya ini sedikit mengulang pelajaran dasar bermain catur yang mungkin ada yang sudah terlupakan…heheheee…..

Bagi para MASTER CATUR mohon info nya ya agar bisa sharing ilmu nya untuk saya dan pemain pemula lainnya…. :)

Dasar – Dasar Catur :

sebelumnya saya ingin memberikan gambaran tentang catur (khusus yg sangat beginner)….ada orang bilang catur itu olah raga…benar!!…mereka ikut dalam kejuaraan catur untuk memperebutkan gelar juara yg memeras kalori sama dengan orang yg berlari …Ada juga orang yg bilang catur adalah seni…benar juga!!..ada sebahagian orang yang senang melihat kombinasi yang indah, setiap kali main catur mereka selalu berusaha membuat lawannya mat dengan posisi yang sengaja diciptakannya sedemikian rupa…atau istilah catur nya mati indah ( hehe…masa mati ada yang indah )..dan mereka akan senang apa bila bisa menciptakan langkah-langkah kyk itu..…Ada juga orang bilang catur itu science of logical thinking ( apa sih bhs indonya??)..ini pun benar !! coz catur bisa ngasah daya nalar dan kreatifitas yg tinggi…!!

Sebelum kita bahas tentang permainan ini (bagi yg blom tau dasar 2 nya)… Saya berikan dulu bahasa catur, yg bisa dibilang Notasi…Ni kyk yg di bawah :


PAPAN CATUR

Papan catur terdiri dari 64 petak yang sama besarnya, dengan warna petak berganti-ganti hitam-putih-hitam-putih. Cara meletakan papan catur seperti gambar diatas, dan menurut ketentuan F.I.D.E ( Federation Internationale Des Echecs = Peraturan Federasi Catur Internasional ) petak putih terletak sebelah kanan pemain ( petak h1 dan a8, sedangkan petak hitam terletak disebelah kiri pemain ( petak a1 dan h8 ), yang saya maksudkan disini ialah petak sudut…. Saya pernah lihat kejuaran tingkat kecamatan ,mereka mengadakan kejuaraan catur…papan caturnya dibikin dari triplek…eh..saya lihat letak papan caturnya asal-asal aja…ada petak hitam sebelah kanan dan ada juga petak putih..ya amburadur dong….nah moga anda nggak melakukan kesalahan yang sama.

LAJUR = sederetan petak-petak dengan warna selang-seling yang membujur dari hadapan kita kearah lawan petak A,B,C sampai H ( lihat gambar ), contoh petak a1.a2.a3.a4.a5.a6.a7 dan a8 ( ini dinamakan lajur A )

BARIS =sederetan petak-petak sama seperti lajur tetapi membelintang dari kiri ke kanan ,yaitu baris 1,2,3 sampai 8 ( lihat gambar ), contoh petak a3,b3,c3,d3,e3,f3,g3 dan h3 ( ini dinamakan baris 1 )

DIAGONAL = sederetan petak-petak yang sama warnanya ,contohnya petak a1,b2,c3,d4,e5,f6,g7 dan h8

NAMA-NAMA PETAK DI PAPAN CATUR..lihat aja gambar diatas ada petak a1,a2,a3 dsb..e1,e2,e3 dsb ( setiap petak terdiri dari kombinasi huruf dan angka )

NAMA BUAH CATUR

K = King = Raja = R ( 1 buah ) terletak ditengah (kalo 2 buah lama beud menang nya)
Q = Queen = Menteri = M ( 1buah ) terletak ditengah dekan dengan Raja (kalo lbih dr 1 pastinya gampang maenin nya)
B = Bishop = Gajah = G ( 2 buah ) terletak disisi Menteri dan disisi Raja
N = Knights = Kuda = K ( 2 buah ) terletak disisi Benteng
R = Rook = Benteng = B ( 2 buah ) terletak di petak pinggir
P = Pawn = Bidak ( 8 buah ) lihat gambar

CARA LANGKAH MASING-MASING BUAH CATUR

Aduh …gimana cara menerangkannya ya..ngak ada papan peraga sih…saya coba aja terangkan dengan kata-kata..mudah-mudahan bro sekalian bisa mengerti..

Raja jalannya satu-satu langkah, kemana aja boleh kiri/kanan/atas/miring..ingat hanya satu langkah (nilai = infinite)

Menteri jalannya seperti X ( kali ) dan + ( tambah ) atas/bawah/kiri/kanan/miring kanan atas/miring kiri atas/miring kanan bawah/miring kiri bawah, boleh dekat dan jauh…yang nggak boleh meloncati buah lain (nilai = 9)

Benteng jalannya seperti + ( tambah ) atas/bawah/kiri/kanan, boleh dekat dan jauh…ngak boleh meloncati buah lain (nilai = 5)

Gajah jalannya seperti x ( kali ) miring kanan atas/miring kiri atas/miring kanan bawah/miring kiri bawah, boleh jauh dan dekat..ngak boleh melompati buah lain (nilai = 3)

Kuda jalannya seperti huruf L, bigini cara menjalankannya = maju dua petak lalu belok kiri atau kanan satu petak = mundur dua petak lalu belok kiri atau kanan satu petak = kekiri dua petak lalu keatas atau kebawah satu petak = kekanan dua petak lalu keatas atau kebawah satu petak….cara gampangnya ingat aja huruf L…dan kuda boleh melompat buah lainnya, contohnya kuda yang petak awalnya di b1 bisa dilangkahkan kepetak a3 atau c3 (nilai = 3)

Bidak jalannya lurus kedepan satu petak dan ngak boleh mundur, khusus untuk Bidak yang belum pernah jalan boleh melangkah dua petak kedepan ( tergantung keinginan kita, ingin dijalan kan satu langkah atau dua langkah kedepan )tetapi untuk selanjutnya hanya satu petak aja ke depan….bidak yg belum pernah jalan artinya dia masih berada pada posisi awal ( lihat aja gambar diatas tu..Bidak belum lagi jalan ) (nilai = 1)

Nilai yg saya maksud tuh nilai tukar… Misal : klo Menteri (9 point) anda dimakan lawan, tp anda dapat 2 benteng sebagai gantinya (masing 2 nilainya 5)… Mungkin anda masi tetep unggul dlm permainan…Gitu lo..iss:

CARA MAKAN : Raja, Menteri ,Benteng, Gajah dan Kuda cara makannya sama dengan langkahnya….nah sekarang cara makan ( pukul )buah lawan , letakkan buah kita dipetak tempat buah lawan “duduk” dan buah lawan tersebut keluarkan dari papan…gampang khan !!
o iya…Khusus untuk Bidak cara makannya beda sama jalannya, kalau jalannya satu petak kedepan dan makannya miring kekiri atau kekanan satu petak tetapi tetap maju ya…contohnya Bidak di petak d2 jalannya ke petak d3 atau d4, tetapi kalau mau makan bidak dipetak d2 dijalankan ke petak c3 atau petak e3

Oke deh ! moga bro sekalian mengerti dengan uraian diatas..klo anda belum ngerti..ulang terus bacanya sampai anda paham…

Yup..Sekian untuk posting belajar dasar catur kali ini… heheee…. :)

Ini ada beberapa tambahan untuk langkah istimewa…
LANGKAH ISTIMEWA DALAM PERMAINAN CATUR :

kita telah mempelajari cara melangkah atau memukul setiap buah catur. Terapi semua itu baru mengaaangkut langkah yang umum. Masih ada beberapa lalngkah istimewa yang juga penting diketahui. Terutama yang berhubungan dengan bidak dan Raja.

1) Memukul “en passant”

Salah satu keistimewaan langkah bidak ialah memukkul “en passant” ( baca : ang pasang) atau memukul “sambil lalu”.

Ketentuaannya demikian : bila satu bidak melangkah dua petak sekaligus ke depan dan melewati lawan, maka bidak lawan dapat memukul bidak itu seolah,olah bidak tadi hanya dimajukan selangkah saja. Lihat contoh di bawah ..


jika pion hitam melangkah ke titik X, maka pion putih yg berada dalam posisi demikian bisa memakan pion hitam dan berpindah ke titik ep
Demikian ketentuan mengenai pukulan “en passant”.

2) promosi bidak

Kita sudah mengenal cara bidak melangkah, yaitu lurus ke depan. Kalau memukul buah lawan maka jalannya menyerong ke kiri atau ke kanan, seperti huruf V. bidak tidak boleh mundur. Bagaimana jika bidak itu sampai pada baris terakhir perjalannannya?

Bidak yang sudah mencapai baris terakhir harus naik pangkat. Atau dengan istilah catur yang populer :

Promosi..

Bidak itu tidak boleh tetap menjadi bidak, Dia harus segera diganti dengan salah satu perwira seperti Menteri, Benteng, Gajah atau Kuda yang sama warna dengan bidak itu (pastinya mau jd Menteri lah yg powerful). Bidak tidak boleh menjadi Raja. Raja setiap pemain hanya ada satu sejak awal sampai akhir. saya rasa udah pada tau deh aturan yg satu ini…Tul ga..?? :)

Tujuan Permainan

Tujuan permainan catur ialah menangkap Raja lawan. Raja lawan tidak boleh dipukul atau dimakan. Raja hanya boleh diserang atau dikepung sehingga tidak bisa lari atau diselamatkan lagi.

Bila Raja itu sudah tidak dapat menghindar dari ancaman, maka berarti Raja itu sudah tertangkap. Pihak yang mengkap Raja itu keluar sebagai pemenang..

Syah atau Sekak

Kalau Raja diserang oleh buah lawan, maka dikatakan Raja itu kena syah atau sekak. Serangan terhadap Raja harus segera ditangkis. Ada tiga cara untuk menangkis sekak itu.

1. Memukul atau memakan buah lawan yang melakukan sekak itu dengan buah sendiri.
2. Melarikan Raja dari arah serangan buah lawan.
3. Menutup arah serangan buah lawan dengan buah sendiri. .

Nah klo skak nya uda ga ada obat nya lg (raja nya huda ga bisa kemana mana), nama nya skak mat..!!


Aturan Rokade

mungkin temen-teman pemula  masih ada yang belum tau tentang rokade ini… istilah asing nya (castling queen side)…Bahasa khta orang awam nya, Roker, Blokir dll…. :)